JellyPages.com

Rabu, 29 Mei 2013

Resume MK Pengantar Manajemen semester II

1.    PENGERTIAN KOORDINASI, WEWENANG, TANGGUNG JAWAB, DAN DELEGASI:

KOORDINASI : Kegiatan mengarahkan, mengintegrasikan, dan mengkoordinasikan unsur manajemen & pekerjaan para bawahan dalam mencapai tujuan organisasi.
WEWENANG (AUTHORITY) : Dasar u/ bertindak, berbuat dan melakukan kegiatan/aktivitas dalam suatu perusahaan.
TANGGUNG JAWAB (RESPONSIBILITY) : Keharusan u/ melakukan semua kewajiban/tugas yang dibebankan kepadanya sebagai akibat dari wewenang yang diterima/dimilikinya.
PENDELEGASIAN/PELIMPAHAN WEWENANG (DELEGRATION OF AUTHORITY) : Memberikan sebagian pekerjaan/wewenang oleh delegator kepada delegate u/ dikerjakan atas nama delegator.


2.    PROSES STAFFING

PENGADAAN : Proses penarikan, seleksi, penempatan & orientasi u/ mendapatkan karyawan sesuai kebutuhan perusahaan (the right man in the right place).
PENARIKAN : Kegiatan mencari & mempengaruhi tenaga kerja agar mau melamar  Lowongan pekerjaan yang masih kosong di perusahaan.
SELEKSI : Suatu kegiatan pemilihan & penentuan pelamar yang diterima/ditolak u/ menjadi karyawan perusahaan itu.
PENEMPATAN : Kegiatan u/ menempatkan orang-orang yang telah lulus seleksi pada jabatan-jabatan tertentu sesuai dengan uraian pekerjaan & klasifikasi pekerjaan.
PEMBERHENTIAN (PHK) : Putusnya hubungan kerja seorang karyawan dengan suatu perusahaan .


3.    PEMIMPIN DILAHIRKAN / DIBENTUK

1.    Teori Genetik
Pandangan terori ini bahwa, seseorang akan menjadi pemimpin karena “keturunan” atau ia telah dilahirkan dengan “membawa bakat” kepemimpinan.
2.    Teori Sosial
Setiap orang memiliki potensi untuk menjadi pemimpin, meskipun dia bukan merupakan atau berasal dari keturunan dari seorang pemimpin atau seorang raja, asalkan dapat dididik, diajar dan dilatih untuk menjadi pemimpin.
3.    Teori Ekologik
Seseorang yang akan menjadi pemimpin merupakan perpaduan antara faktor keturunan, bakat dan lungkungan yaitu faktor pendidikan,
4.    Teori Kontigensi atau Teori Tiga Dimensi
Ada tiga faktor yang turut berperan dalam proses perkembangan seseorang menjadi pemimpin atau tidak, yaitu: [1] Bakat kepemimpinan yang dimilikinya. [2] Pengalaman pendidikan, latihan kepemimpinan yang pernah diperolehnya, dan [3] Kegiatan sendiri untuk mengembangkan bakat kepemimpinan tersebut.



4. HUBUNGAN KOMUNIKASI DAN KOMUNIKASI

Fungsi Komunikasi ~ Motivasi : komunikasi membantu perkembangan motivasi dengan menjelaskan kepada para karyawan apa yang harus dilakukan bagaimana mereka bekerja baik dan apa yang dapat dikerjakan untuk memperbaiki kinerja jika itu di bawah standar.


5.    DALAM PERUSAHAAN DIBUTUHKAN SUATU PENGENDALIAN

Dalam suatu perusahaan dibutuhkan suatu pengendalian agar:
·         Tujuan perusahaan yang ditetapkan akan dapat dicapai.
·         Laporan keuangan yang dihasilkan perusahaan dapat dipercaya.
·         Kegiatan perusahaan sejalan dengan hukum dan peraturan yang berlaku.
Pengendalian intern dapat mencegah kerugian atau pemborosan pengolahan sumber daya perusahaan. Pengendalian intern dapat menyediakan informasi tentang bagaimana menilai kinerja perusahaan dan manajemen perusahaan serta menyediakan informasi yang akan digunakan sebagai pedoman dalam perencanaan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar